Tujuan dan Fungsi
Pembelajaran Geografi
|
Secara umum belajar
dapat didefiniskan sebagai suatu proses pada diri seseorang yang menyebabkan
adanya perubahan. perubahan yang dimaksud adalah perubahan dari ranah kognitif,
psikomotorik dan Afektif sehingga proses tersebut dapat menghasilkan
seseorang dari tidak bisa menjadi bisa, dari tidak tahu menjadi tahu, dari
yang tidak terampil menjadi trampil. Tujuan pembelajaran geografipun
demikian yaitu terbagi menjadi 3 bagian yaitu:
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
|
Pengertian Geografi
|
Written
by Administrator
|
Monday, 09 October
2006 14:49
|
Sejak manusia Iahir di dunia, manusia sangat bergantung pada
alam lingkungannya. Manusia membutuhkan alam untuk dapat memenuhi kebutuhan
hidupnya. Karena didorong kebutuhan hidupnya tersebut. manusia berusaha untuk
memanfaatkan alam. Hal inilah menuntut manusia untuk mengenal alam sehingga
lahirlah studi geografi.
Istilah geografi
pertama kali dikemukakan oleh Eratothenes (176:194 sm). Kata geografi berasal dari bahasa Yunani,
yaitu geo dan graphien.Geo berarti bumi dan graphien berarti sesuatu yang ditulis, digambar, atau dijelaskan.
Jadi Geografi berarti Ilmu
pengetahuan yang mempelajari, menjelaskan, menuliskan  tentang bumi.
Dalam geografi kita akan mempelajari segala sesuatu yang tampak di permukaan bumi, baik bentuk kehidupan, kenampakan permukaan bumi dengan segala gejala-gejalanya maupun faktor-faktor yang mempengaruhinya, seperti benda-benda di luar angkasa, keadaan dan benda-benda di dalam bumi maupun di permukaan bumi. Oleh karena itu, definisi geografi secara luas adalah ilmu yang mempelajari bumi bagian dalam, permukaan bumi, dan atas (luar angkasa) secara keseluruhan yang berinteraksi dengan alam lingkungannva. Supaya pandangan tentang geografi itu lebih luas berikut ini beberapa pendapat para ahli geogarfi.
§ menafsirkan agihan atau persebaran gejala dan
fakta fenomena geografi.
§ menemukan hubungan antara kehidupan manusia
dan lingkungan fisik.
§ Menjelaskan interaksi antara manusia dan lingkungan,
R. Hartshorne. Geografi bertujuan untuk memberikan deskripsi yang teliti,
beraturan, dan rasional tentang sifat variabel dari permukaan bumi.
E. A. Ackerman. Geografi bertujuan
rnengetahui pengertian tentang sistem yang berinteraksi secara cepat mencakup
semua budaya manusia dan lingkungan alamiahnya di permukaan bumi
P. Haggett.
Geografi memberikan perhatian terutarma pada sistem ekologi dan sistem
keruangan. Pada sistem ekologi berkaitan dengan manusia dan lingkungannya,
sedangkan pada sistem keruangan berkaitan dengan hubungan antar wilayah.
M Yeates. Geografi adalah suatu ilmu yang
memperhatikan perkembangan rasional dari berbagai sifat yang beraneka ragam
di pennukaan bumi.
Strabo. Geografi erat
kaitannya dengan karakteristik tertentu suatu tempat dan memperhatikan juga
hubungan antara berbagai ternpat secara keseluruhan.
Bintarto.
Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mencitra, menerangkan sifat bumi,
menganalisis keadaan alam dan penduduk. serta mempelajari corak khas mengenai
kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari. unsur bumi dalam ruang dan waktu
Berdasarkan
pengertian di atas berarti geografi memiliki dua aspek pokok, yaitu aspek fisik dan aspek sosial. Aspek fisik berhubungan dengan gejala
geosfer, yaitu pelapisan yang terdapat di atas permukaan bumi yang meliputi
fenomena litosfer, hidrosfer,
atmosfer, biosfer. dan antroposfer.
Â
Aspek sosial berhubungan dengan kegiatan manusia secara sosial, ekonorni. dan budaya. |
Last Updated (
Tuesday, 08 December 2009 20:22 )
|
Pendekatan Geografi
|
Pendekatan geografi
dapat diartikan sebagai suatu. metode atau cara (analisis) untuk memahami
berbagai gejala dan fenomena geosfer. khususnya interaksi antara manusia
terhadap lingkungannya . setiap disiplin ilmu memiliki cara pandang yang
berbeda terhadap suatu kejadian. Fenomena atau kejadian yang sama dapat
dilihat dari berbagai sudut pandang.
Seorang ahli kedokteran melihat dari kontek kesehatan yaitu banjir akan mengakibatkan
tingkat kesehatan penduduk akan menurun, ketersediaan air bersih akan
berkurang, kebutuhan makanan tidak tercukupi, terkontaminasi air kotor
sehingga akan tersebar penyakit, gatal-gatal, diare, mencret dll
Seorang ahli ekonomi maka akan melihat dari kontek aktivitas ekonominya, karena
banjir, aktivitas untuk memenuhi kebutuhan ekonomi terganggu, sementara harta
benda mereka untuk memenuhi kebutuhan ekonomi juga rusak, sehingga berapa
kerugiannya dan apa akibatnya dilihat secara ekonomi
Seorang ahli geografi melihat fenomena tersebut dilihat dari kontek keruangannya
yaitu, lokasi banjirnya, sebaran banjirnya, penyebab dan akibatnya dll
Pendekatan (approach) yang digunakan dalam kajian geografi terdiri
atas 3 macam, yaitu analisis keruangan (spaÂtial analysis), analisis ekologi (ecological analysis). danan analisis kompleks wilayah (regional complex
analysis). Oleh karena itu,
pendekatan yang digunakan dalam geografi tidak membedakan antara elemen fisik
dan nonfisik.
1.
Pendekatan Keruangan.
Pendekatan keruangan
adalah upaya dalam mengkaji rangkaian persamaan dari perbedaan fenomena
geosfer dalam ruang. Di dalam pendekatan keruangan ini yang perlu
diperhatikan adalah persebaran penggunaan ruang dan penyediaan ruang yang
akan dimanfaatkan.
Contoh penggunaan
pendekatan keruangan adalah perencanaan pernbukaan lahan untuk daerah
permukiman yang baru. Maka yang harus diperhatikan adalah segala aspek yang
berkorelasi terhadap wilayah yang akan digunakan tersebut. Contohnya adalah
morfologi, ini kaitannya dengan banjir, longsor, air tanah. Hal itu
diperlukan karena keadaan fisik lokasi dapat mempengaruhi tingkat adaptasi
manusia yang akan menempatinya,
Pendekatan keruangan juga merupakan ciri
khas yang membedakan ilmu geografi dengan lainnya. Pendekatan ini dapat di
tinjau dari 3 aspek yaitu:
2. Pendekatan Ekologi
Pendekatan ekologi
adalah upaya dalam mengkaji fenomena geosfer khususnya terhadap interaksi
antara organisme hidup dan lingkungannya. termasuk dengan organisme hidup
yang lain. Di dalam organisme hidup itu manusia merupakan satu komponen yang
penting dalam proses interaksi, Oleh karena itu, muncul istilah ekologi manusia (huÂman ecology) yang mempelajari interaksi antar manusia
serta antara manusia dan lingkungan. Aktivitas manusia dalam kaitannya dengan
inetarksi dalm ruang terutama terhadap lingkungannya mengalami tahan-tahapan
sebagai berikut
Contohnya. Para petani zaman dulu dalam waktu setahun
hanya mampu bercocok tanam hany sekali, karena kebutuhan pengairan hanya
mengandalkan dari musim hujan (tadah hujan), sementara jumlah penduduk
semakin bertambah, kebutuhan terhadap pangan juga bertambah, maka manusia
berupaya bagaimana agar kebutuhan irigasi untuk pengairan pertanian bisa
sepanjang musim dan tahun, maka dibuatlah bendungan. Kemudian dengan
bioteknologi juga sudah ditemukan varietas pada yang bagus dengan usia dan
masa panen cukup pendek.
3. Pendekatan komplek kewilayahan
Pendekatan komplek
kewilayahan ini mengkaji bahwa fenomena geografi yang terjadi di setiap
wilayah berbeda-beda, sehingga perbedaan ini membentuk karakteristik wilayah.
Perbedaan inilah yang mengakibatkan adanya interaksi suatu wilayah dengan
wilayah lain untuk saling memenuhi kebutuhannya. semakin tinggi perbedaannya
maka interaksi dengan wilayah lainnya semakin tinggi
|
Objek Studi Geografi
|
Seperti yang sudah di jelaskan pada ruang lingkup geografi
bahwa geografi mempelajari fenomena atau gejala-gejala yang terjadi di
Geosfer. Maka jelaslah bahwa apasih yang menjadi objek studi geografinya.
Secara umum objek studi geografi di bagi menjadi dua bagian yaituÂ
Objek Material Objek material yaitu segala sesuatu baik berupa materi atau berupa gejala geografi yang terjadi dalam ruang (geosfer) yang dipelajari oleh geografi. Karena ruang lingkupnya geosfer maka objek studi material ini berada di 5 bagian geosfer yaitu:
contoh dalam bentuk materinya yaitu: batuan dengan
berbagai jenisnya, gunung dengan tipe dan ketinggianya. Sedangkan  dalam
bentuk fenomena dan gejala geografi misalnya gempa, pergerakan lempeng tektonik,
http://ferdysemar.host22.com/images/bromo2.jpg
http://static.howstuffworks.com/gif/earthquake-gallery-3.jpg
Contoh dalam bentuk materi yaitu air, salju, uap
(gas) dan dalam bentuk gejala geografi yaitu: pasang surut, arus laut,
pergerakan air tanah dan lain-lain
http://mapala.net/wp-content/uploads/2007/06/north-pole.jpg
http://www.waterencyclopedia.com/images/wsci_04_img0460.jpg
Contoh dalam bentuk materi: awan, udara beserta
materi penyusunnya dan dalam bentuk gejala geografi yaitu: perubahan
unsur-unsur cuaca
http://imansyah.files.wordpress.com/2008/08/di_balik_awan.jpg
http://sciencenotes.files.wordpress.com/2008/06/advanced-supercell-wind.jpg
Contoh materinya: flora dan fauna dan gejalanya: persebarannya,
habitatnya (kondisi ruangan yang mendukungnya)
http://fachrezakbar.files.wordpress.com/2008/09/rainforest_lg-aaa.jpg
http://newsimg.bbc.co.uk/media/images/44207000/jpg/_44207066_tiger416zsl.jpg
Contohnya kehidupan biologisnya (kelahiran,
kematian), kehidupan sosialnya, aktivitas ekonominya, budayanya dan lain-lain
http://desatiga.files.wordpress.com/2008/08/p5203187.jpg
http://palembangdaily.files.wordpress.com/2007/12/sudirman.jpg
Objek Formal
Yaitu sudut pandang dan cara berpikir terhadap objek material yang berupa materi atau gejala geografi yang ada di geosfer. Cara pandang dan cara berpikir ini dapat melalui pendekatan keruangan, kelingkungan dan kewilayahan. (baca kembali pendekatan geografi) |
Prinsip-prinsip
Geografi
|
Prinsip
Dasar Geografi
Prinsip-prinsip geografi merupakan dasar untuk menjelaskan, menguraikan, pengkajian, dan analisis berbagai fenomena geografi dalam ruang yang terjadi setiap hari. Sehingga ketika kita mengkaji fenomena dalam ruang maka ke 4 prinsip inii yang selalu menjiwainya. Prinsip-prinsip tersebut yaitu
Contoh Interelasi Fenomena fisik dengan fenomena fisik = Gempa yang
terjadi di dasar laut akan berinterelasi terjadinya Tsunami Interelasi
fenomena fisik dengan fenomena sosial = banjir akan mengakibatkan aktivitas
penduduk menjadi terganggu
Konsep Dasar Geografi
Studi geografi pada
dasarnya adalah mempelajari gejala-gejala geogafi yan terjadi dalam geosfer.
Dalam geosfer sendiri terdapat manusia yang sebenarnya adalah objek dalam
antroposfer. Berikut ini adalah konsep-konsep geografi yang dapat digunakan
untuk menganalisis masalah geografi:
Ada perbedaan
fenomena yang terjadi di setiap wilayah, baik fenomena sosial maupun fenomena
fisik
|
mkasih gan ,,, postingan materi-pelajaran-geografi , yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya pulsagratisandroidku.blogspot.com terimakasih skali lagi gan , maju terus blog nya ,,, !
BalasHapusblog Anda bagus, silahkan mampir ke blog saya belajargeografisma.blogspot.co.id
BalasHapusterimakasih dan salam,
BalasHapushttps://marketing.ruangguru.com/uji
Is there a no-download MP3 version of Lord Ganesh and Ganapati
BalasHapusLord Ganesh and his disciples perform Ganesh puja (also called Ganapati Mandir) or perform ganapati puja (also called Ganesh puja) on the youtube to mp3 temple's premises in